Cek Legalitas Pinjol dan Fintech Bisa Di Sini Loh!

Cek Legalitas Pinjol dan Fintech Bisa Di Sini Loh!

Saat ini kasus orang yang terlibat dalam pinjol online ilegal semakin meningkat, terbukti dengan meningkatnya pelayanan masyarakat yang rusak akibat pinjaman ilegal.

 Oleh karena itu, Kelompok Kerja Waspada Investasi (SWI) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap penawaran pinjaman online. Salah satunya adalah mengetahui pinjaman mana yang legal dan mana yang ilegal.

 Menurut satgas, semua pencetus atau penyedia fintech loan di Indonesia harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, penting untuk memastikan legalitas penyedia pinjaman online yang legal (pinjol) agar tidak terjebak dalam pinjaman ilegal.

 Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) ingin berperan langsung dalam mengurangi ruang bagi layanan kredit online ilegal (Pinjol).) / Teknologi keuangan lainnya (Fintech), seperti pembayaran digital atau crowd-finding.Situs ini dibuat oleh AFTECH bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dan berlokasi di Cekfintech.id, yang baru saja diluncurkan pada 11 November.

 Situs Cekfintech.id kini dapat digunakan untuk memeriksa apakah layanan kredit atau fintech ilegal atau resmi. “Oleh karena itu, diharapkan masyarakat yang melakukan transaksi kredit bisa mengecek legal atau tidaknya,” kata Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Rudiantara, di workshop AFTECH Fintech for fast pemulihan ekonomi yang berlangsung secara online pada Jumat (19/11/2011).

“Ini adalah bagian dari upaya AFTECH untuk meminimalkan orang (yang) melakukan transaksi palsu pada pinjaman ilegal, “tambah Rudiantara.

 Data legalitas di website tersebut berdasarkan daftar pinjaman dan layanan financial technology yang telah mendapat persetujuan resmi dari regulator terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), hanya masukkan nama fintech loan atau layanan di kolom pencarian.

 Jika layanan terdaftar di regulator, muncul int dengan latar belakang biru yang menunjukkan bahwa layanan tersebut “berlisensi”, disertai dengan nomor surat spesifikasi lisensi. Namun, jika layanan tersebut tidak terdaftar atau ilegal, Anda akan melihat pesan yang menyatakan: Not Found or Company Not Listed “dengan latar belakang merah.

 Selain layanan fintech, situs Cekfintech.id juga dapat digunakan untuk membuka rekening Periksa apakah mereka telah dilaporkan penipuan atau tidak dengan hanya memilih nama bank dan memasukkan nomor rekening. Komite etik bertugas memberikan pedoman kepada para anggota penyelenggara fintech, khususnya pinjaman, agar mereka dapat bekerja sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Jika ada anggota AFTECH yang tidak mematuhi aturan atau etika AFTECH, tentu kami akan menindak anggota kami sendiri,” kata mantan Menteri Komunikasi dan Informatika itu. Pria yang akrab disapa Ketua RA ini juga menambahkan, pihaknya dari waktu ke waktu menurunkan fintech untuk menjalankan bisnis sesuai standar dan etika yang baik.

Saat ini kasus orang yang terlibat dalam pinjol online ilegal semakin meningkat, terbukti dengan meningkatnya pelayanan masyarakat yang rusak akibat pinjaman ilegal.  Oleh karena itu, Kelompok Kerja Waspada Investasi (SWI) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap penawaran pinjaman online. Salah satunya adalah mengetahui pinjaman mana yang legal dan mana yang ilegal.  Menurut satgas, semua…