Kenali Penyebab Kram Perut dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Kram Perut dan Cara Mengatasinya

Terkadang, memang perut bisa tiba – tiba saja terasa kram dan tak nyaman. Penyebab kondisi ini kebanyakan tak terlalu berbahaya. Namun, tetap saja kita harus bisa wasapada kalau kram perut terjadi berkepanjangan atau sifatnya lebih kronis. Karena, bisa saja kondisi ini bisa menjadi suatu gejala dari penyakit tertentu. Kram pertu sendiri bsia terjadi saat otot dari lambung, perut, maupun usus berkontraksi. Tingkat keparahan serta lamanya kram perut bisa berbeda – beda. Ada yang rasanya ringan atau perut terasa seperti sedikit berdenyut, namun ada pula kram perut yang sampai parah dan membuat penderitanya jadi sulit beraktivitas. Lalu, apa saja sih kemungkinan penyebab kram perut? Yuk simak di bawah.

1.Radang Lambung

Radang Lambung

Peradangan lambung biasanya terakait oleh penyakit gastritis atau gastroenteritis yang bisa menyebabkan gejala kram perut, muntah, mual, mauun diare. Biasanya penyakit ini dikarenakan oleh infeksi virus maupun bakteri yang ada di dalam tubuh.

2.Otot Perut Tegang

Otot Perut Tegang

Aktivitas olahraga yangs erring mengandalkan kekuatan otot perut misalnya sit up, jika tak diawali dari pemanasan yang cukup atau intensitasnya berlebihan, kadang – kadang akan membuat otot perut jadi kram dan jadi tegang.

3.Penyakit Radang Usus / Iritasi Usus Besar

Penyakit Radang Usus / Iritasi Usus Besar

Kram perut yang berkepanjangan bisa jadi dikarenakan oleh adanya peradangan kronis usus misalnya penyakit colitis ulserativa dan juga crohn. Selain itu, untuk penyakit iritasi usus besar adalah penyakit gangguan jaringan usus. Selain kram, biasanya penderitanya juga merasa kembung, diare atau sembeli bergantian, hingga perut yang terasa begah.

4.Sembelit

Sembelit

Sembelit atau buang air besar yang sulit juga bisa membuat tekanan ekstra di usus dan menyebabkan kram di bagian perut.

5.Kurang Cairan atau Gas yang Menumpuk

Saat tubuh berkeringan cukup banyak, diare, hingga muntah tanpa diimbangi oleh asupan cairan yang cukup, maka otot bisa jadi rawan kram, termasuk juga di bagian perut. Selain itu, kalau ada gas yang menumpuk di perut juga bisa memicfu kram perut, begah, bersendawa, perut kembung, hingga sering kentut.

Kalau mengalami kram perut, kalian bisa mencoba beberapa cara, seperti menempel penyeka perut, koyo, atau bantal pemanas agar membantu membuat otot perut yang tegang jadi lebih kendur. Atau bisa dengan minum seduhan teh chamomile atau air putih karena bisa saja kalian dehidrasi. Konsumsi obat penghilang rtasa sakit juga bisa kalian coba. Dan yang paling penting jangan lupa istirahatkan otot perut supaya tak tegang. Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kram perut dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang ingin tahu apa penyebab kram perut.

Terkadang, memang perut bisa tiba – tiba saja terasa kram dan tak nyaman. Penyebab kondisi ini kebanyakan tak terlalu berbahaya. Namun, tetap saja kita harus bisa wasapada kalau kram perut terjadi berkepanjangan atau sifatnya lebih kronis. Karena, bisa saja kondisi ini bisa menjadi suatu gejala dari penyakit tertentu. Kram pertu sendiri bsia terjadi saat otot…